CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 17 Juli 2013

Kerajinan Monel Jepara


Kerajinan Monel Jepara Ingin Tembus Pasar Dunia, salah satu kerajinan tangan Masyarakat Jepara  Jawa Tengah. merupakan salah satu potensi industri yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Monel bersama kerajinan tenun troso, rotan, gerabah, bordir, genteng, konfeksi menjadi penopang perekonomian warga Jepara selain industri furniture yang menjadi sektor utama hingga kini.

Kerajinan Monel Jepara yang merupakan perhiasan terbuat dari baja putih yang anti karat berhasil menjadi ciri khas Jepara setelah dirintis para perajin di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, sejak 1970-an. Selain Kriyan, juga ada Robayan, Margoyoso, Bakalan di Kecamatan Kalinyamatan. Industri monel di Kecamatan Pecangaan terdapat di Desa Krasak dan Gemulung.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara Purwanto SU menjelaskan pengembangan monel lebih ke pasar luar Jawa. Menurutnya potensinya masih besar. ”Sambil terus melakukan pengembangan pasar di luar Jawa juga melihat peluang ekspor,” katanya.
”Untuk masuk pasar luar negeri memang harus maksimal karena Thailand juga punya industri tersebut.  Meski demikian, saya masih melihat ada peluang untuk mengembangkan monel ke pasar luar negeri

0 komentar: